Jaman aku sih Praktek Kerja Industri nya kelas XII, untung cuman 4 Bulan ga kayak taun taun sebelumnya kan kepepet banget kalo 6 Bulan PKL harus sambung belajar buat UN paling kebagian sebulan :v tapi mereka mah PKLnya kelas XI jadi ga ngerasain kepepet wkwk.
Awalnya sih aku emang ga niat banget ya terjun ke dunia perhotelan ini tapi apa boleh buat semua udah aku mulai dan jalani. Bahkan kalau PKL ini dilaksanain kelas XII kan aku punya banyak waktu buat casual casual dulu di hotel ya cari duit sekaligus cari pengalaman gitukan biar ga blahbloh pas PKL. Tapi casual mah lebih ke jadi waitress atau public area gitu sih asa gapernah denger ada yg casual di FO. Sebenernya ada yang ngebuat aku tertarik untuk belajar perhotelan ya cuman Front Office doang sih tapi aku gatau kenapa pas ke Sheraton itu malah nyantumin Housekeeping padahal jelas jelas dari praktek aja kaku, gausah ke prakteklah, coba beres beres dirumah aja jarang gimana mau lues ngerjain kerjaan Housekeeping/? Kebodohan pertama adalah tidak pede dengan kemampuan yang aku miliki dan yang pasti aku ga pede sama tinggi badan aku yaampunnn pendek sekali ya 154cm wkwkw. Yah pada akhirnya saya pun ditolak dari Sheraton dengan alasan badan aku terlalu kecil okelah gapapa. Terus lanjut aku mau ke Noor Hotel dan sama akupun ditolak disana:' akhirnya bertemulah diriku dengan Tebu Hotel. Yeeeee...
Tebu hotel adalah tempat dimana aku memulai PKL setelah ditolak dua hotel TwT dan apa? Disana aku jadi apaya._. Mencakup banyak sih, iyalah hotel Bintang 3 doang tapi rame terus laaah. Jadi disana tuh aku belajar di service, front office, sama banquet tapi dikit dikit gitu jadi ilmunya juga dikit:' gimana yah, masa masa PKL itu masanya kita harus mulai meraba dunia pekerjaan itu kaya gimana khususnya di hotel itu sistem kerjaannya gimana apalagi hotel gede mah pasti diterapin lah SOP (standard operational procedure) nya. Beda sama tebu mah mau makan sewaregnya juga pekbae asal kerjaan beres wkwk. Monoton sih tapi aku jadi tau bedanya casual sama kerja beneran dihotel. Soalnya pas casual mah paling aku handle wedding, gathering, begitugituan doang ga kaya pas PKL akhirnya aku tau suasana breakfast, lunch, dinner buffet dihotel itu kaya gimana meskipun hareurin tempat wkwk. Pada akhirnya aku terbiasa dan malah ga kerasa setiap harinya.
Okelah aku share pengalaman PKL aku di Guest Service Department kaya gimana. Sebenernya walaupun kita gasuka sama pekerjaan itu kalau kita kerjain dengan ikhlas bakal kerasa mudah ko. Yaaa walaupun suka ngedumel dibelakang, dirumah, disosmed wkwk. Kalau shift pagi kita tuh jam 6 harus udah standby di resto, disana tuh namanya Sugar Restaurant. Kenapa jam 6? Karena breakfast mulai dari jam 6 sampe jam 10. Kita harus layanin tamu tamu yang mau pada sarapan, kita liatin mereka makan sedangkan disini perut kita konser wkwk. Oke skip itu curhat nis~ nah biasanyaaaa, disana itu banyak group meeting sehingga setiap jam 8 pagi aku suka kabur dari resto langsung nyiapin coffee break, yaa bikin coffee & tea (dulu mah bisa ih), nyusun snack nya di serving plate langsung anterin ke ruang meeting (ini tugas banquet), lalu aku kembali ke breakfast dan closing jam 10 langsung set-up buat lunch. Apalagi kalau ada group lain mau meeting juga ditempat yang sama inituh suasananya disebut back to back, cape bangetlah setup sana sini geser meja bajuin kursi siapin flipchart danlainlain. Jhaha gaada kata istirahat disanaaaa. Kita bagi tugas siapa yg didepan dan dibelakang. Kalo didepan ya set-up, dibelakang/? You know laah molesan piring wkwk apalagi kalau gaada stwd haha kita yg ngumbah ya geng. Beres beres beres handle lunch beberes lagi moles lagi , jam dua baru bisa break dan yah pulang mah jam 4-5an lah kadang extend gitu sih sampe maghrib, besoknya masuk lagi jam 6 Jhaha wts (wanita tenaga super). Belajar FOnya mah cuman dikit-_-, keseringan set-up buffet dan lay out ruang meeting sih jadi waktu buat belajar FOnya gaada padahal sayang sekali itu impiaaannn selain masuk sekolah multimedia:' sudahlah.
Jangan kira beres PKL tugas kita selesai gitu aja, selama PKL itu sebenernya harus nulis jurnal, isi apa aja yang kita dapet selama prakerin disana, harus hafal juga keseluruhan tentang hotel itu dari sejarahnya, kapan grand openingnya, jumlah kamarnya, fasilitas fasilitas lainnya juga harus hapal termasuk aku dulu mah sampe hafal ukuran ruangannya coba wkwk. Namanya juga totalitas demi laporan sih lagian ga rugi juga ngapalin mah. Beres PKL, bikin laporan yang harus beberapakali direvisi itu yaampun macam skripsi aja, beres laporan harus sidang, beres sidang mikirin ujikom aaaaa dan terjadilah kecelakaan kaki ku kebanjur air panas menjelang ujikom wkwk akhirnya beginilah kakiku sudah tidak semulus dahulu:' jol curhat.
Buat adek adek kuuu yang sekarang lagi jalanin PKL semangat yaaa kalian harus kuat, kalian pilih dunia perhotelan kalian harus terima manis pahitnya kerja disana. Bahkan kalian harus kuat mental meskipun disuruh suruh, dibentak, dicuekin, capek, letih, lesu, minum he*aviton yaa:v jhaha, pada dasarnya gaada kerjaan yang ga cape. Ketika fisik capek, otak mah dingin. Sebaliknya mereka yang otaknya capek, pasti fisiknya dingin dan masuk angin. Apalagi service? Kami mah cape segala yaa cape otak, fisik, hati wkwk. Tetep semangaat jangan putus ditengah jalan pasti ada enak nya ko ;)
aku nyadar ko ini cerita makin gapenting aja dibuat, iyalah apdetnya tiap jam segini gimana mau bener ngetiknya-_- sudahlah, pulang kerja itu harusnya tiduuurr bukan curhat. Oyasumiiiii~
#nchanime #prakerin #efekngantuk
#tebuhotels #missthis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar